Sudahkah Anda mengenal SEO? Mengetahui apa definisi, jenis dan bagaimana perannya dalam pemasaran bisnis menjadi salah satu tugas wajib bagi para pelaku usaha. Terutama bagi Anda yang sudah menjamah pasar online lewat berbagai platform yang ada hingga situs atau blog resmi khusus untuk bisnis.

Pasalnya, meski istilah ini jarang terdengar dibicarakan di masyarakat, keberadaan SEO memiliki peran penting dalam menunjang branding sebuah usaha hingga meningkatkan penjualan. Tak heran jika banyak pengusaha yang berbondong-bondong memaksimalkan SEO pada situs web bisnis mereka agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meraup keuntungan yang lebih besar.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih awam perihal SEO dan tak tahu bagaimana cara memulainya. Jangan khawatir, karena pada artikel berikut ini kami akan mengajak Anda mengenal SEO lebih jauh dan mengetahui apa saja peran pentingnya dalam pemasaran sebuah bisnis.

Mengenal SEO dan Definisinya

SEO atau Search Engine Optimization merupakan istilah yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah websiteuntuk mendapatkan lebih banyak trafik pengunjung dan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Lewat optimasi ini, website yang Anda kelola bisa tampil di halaman pertama pencarian saat orang mencari keyword yang berhubungan dengan produk atau bisnis Anda.

Selain meningkatkan trafik kunjungan pada website, penerapan SEO juga dapat memudahkan Anda menjangkau target market yang lebih spesifik dan tepat untuk bisnis Anda. Sehingga, optimasi yang Anda lakukan pun tidak akan sia-sia.

Namun tentu saja, untuk mendapatkan hasil tersebut terdapat beberapa upaya yang perlu Anda lakukan. Mulai dari memahami cara kerja SEO, mengerti algoritma mesin pencari dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis-jenis SEO

Nah, setelah mengetahui definisi singkat mengenai SEO di atas. Anda juga perlu memahami bahwa SEO memiliki dua jenis yang harus dioptimasi. Berikut adalah kedua jenis SEO tersebut:

  1. SEO on Page

SEO on Page merupakan jenis optimasi yang bisa dilakukan secara langsung dari dalam sebuah website. Hal ini meliputi tampilan yang user friendly dan responsif, permalink, judul dan struktur konten yang diterbitkan dalam website dan masih banyak lagi lainnya.

  1. SEO off Page

Sedangkan SEO off Page merupakan kebalikannya. Di mana pada SEO jenis ini, optimasi yang dilakukan berasal dari eksternal atau luar website. Salah satu langkah optimasi yang paling sering dilakukan dari luar adalah dengan mencari backlink atau dengan menyebarkan link website tersebut ke sosial media yang ada.

Nah, kedua jenis SEO ini harus berjalan beriringan karena sama-sama memiliki peran yang cukup penting dalam mengoptimalkan kinerja sebuah website agar tampil di halaman pertama pencarian. Untuk itu, diperlukan usaha keras dan konsistensi tinggi agar upaya Anda membuah hasil yang maksimal.

Manfaat SEO Bagi Sebuah Bisnis

Di balik kerasnya usaha yang Anda lakukan untuk membuat sebuah website menjadi SEO friendly, tentunya terdapat banyak manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Terutama jika Anda adalah seorang pengusaha yang tengah mengincar pangsa pasar di media daring. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan brand awareness sebuah bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dengan melakukan optimasi SEO maka website yang Anda kelola akan memiliki potensi untuk tampil pada halaman pertama pencarian. Ini akan secara signifikan membantu meningkatkan jumlah pengunjung website tersebut.

Semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda, maka semakin banyak pula orang yang perlahan mengenali brand bisnis yang tengah Anda rintis. Mengingat internet adalah hal yang dapat diakses oleh semua orang dari berbagai penjuru daerah di dunia. Tak menutup kemungkinan, Anda akan mendapatkan konsumen dari luar daerah atau bahkan luar negeri.

2. Meningkatkan grafik penjualan produk

Selain meningkatkan brand awareness bisnis, penerapan SEO dalam sebuah website juga akan membantu Anda dalam meningkatkan angka penjualan produk. Terlebih menurut sebuah data yang dirilis oleh SearchEngineLand, trafik organik yang dihasilkan dari mesin pencari 10 kali lebih efektif dalam menghasilkan penjualan dibanding trafik dari sosial media.

Itu artinya, Anda bisa mengandalkan website dengan strategi SEO yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Dengan demikian, omzet yang bisa Anda dapatkan pun akan jauh lebih besar.

3. Meningkatkan kredibilitas usaha atau bisnis yang Anda jalankan

Website sebuah bisnis yang tampil di halaman pertama pencarian menandakan bahwa situs tersebut terkelola dengan baik. Hal ini tentu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi calon konsumen yang tengah mencari produk yang mereka butuhkan.

Terlebih jika website Anda memiliki kolom review yang bisa ditambahkan oleh pengunjung siapapun. Ini akan membantu meningkatkan kredibilitas usaha atau bisnis Anda agar lebih terpercaya dan orang-orang yang akan berbelanja pun tak perlu ragu atau berpikir dua kali.

Namun demikian, Anda harus mempertahankan kualitas produk dan pelayanan serta terus berinovasi agar para pelanggan mau melakukan repeat order.

Mengetahui Cara Kerja SEO

Setelah mengetahui definisi SEO serta peran pentingnya terhadap website, Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana sih sebenarnya cara kerja SEO yang sebenarnya? Apakah memang serumit itu?

Perlu diketahui, setiap program yang terdapat di internet memiliki algoritmanya masing-masing. Mulai dari sosial media, e-commerce hingga mesin pencari seperti Google, Bing maupun Yahoo!

Nah, kali ini kita akan membahas algoritma Google yang menjadi raksasa search engine di dunia. Algoritma ini memiliki kaitan yang erat dengan penerapan SEO off page maupun on page yang ada dalam sebuah blog.

Algoritma Google yang berlaku selalu mengalami update dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, Anda harus tetap mengikuti perkembangan informasi mengenai algoritma mesin pencari yang satu ini. Dengan demikian, SEO yang Anda terapkan dalam website bisnis Anda tersebut dapat bekerja secara maksimal dan Anda dapat mempertahankan posisi atau rank pertama dalam pencarian.

Cara Menerapkan SEO dalam Website Bisnis

Terdapat berbagai macam hal yang perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan kinerja SEO dalam website Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan url yang digunakan

Saat membuat konten atau artikel dalam website tersebut, Anda diberikan kebebasan untuk membuat link url-nya. Nah, untuk memaksimalkan SEO dalam website Anda, maka diperlukan url yang sederhana dan mencantumkan keyword di dalamnya.

Contoh, jika keyword yang Anda gunakan dalam artikel adalah “mengenal SEO”, maka Anda harus menggunakan kedua kata tersebut dalam link url.

2. Konten yang terstruktur

Konten yang terstruktur di sini meliputi penggunaan bahasa yang mudah dipahami sekaligus isinya yang lengkap. Sehingga dapat memberikan insight baru bagi para pembaca yang mengunjungi website tersebut.

Untuk itu, Anda juga harus menyesuaikan isi konten dan cara penyampaiannya terhadap target market yang Anda tuju. Misalnya, jika bisnis Anda menjual produk-produk untuk milenial, maka Anda bisa membuat konten dengan gaya bahasa kekinian yang identik dengan anak muda.

Sedangkan jika Anda menyasar pangsa pasar karyawan atau yang sudah berkeluarga, maka Anda bisa menggunakan gaya bahasa penyampaian yang lebih formal.

3. Perhatikan meta tags

Yang dimaksud dengan meta tags adalah informasi singkat yang ditampilkan oleh mesin pencari dari sebuah konten atau artikel. Ini biasanya meliputi judul dan deskripsi singkat mengenai gambaran isi konten tersebut.

Meta tags bisa dibilang menjadi salah satu komponen penting dalam mendulang lebih banyak klik. Semakin menarik judul yang Anda gunakan dan deskripsi singkat mengenai konten di dalamnya, maka akan semakin banyak pula orang yang akan tertarik untuk membacanya.

Cara membuat meta tags yang sesuai kaedah SEO adalah dengan mencantumkan keyword atau kata kunci di dalamnya. Dengan demikian, mesin pencari akan lebih mudah mendeteksi artikel atau konten tersebut dan menampilkannya pada hasil pencarian orang-orang.

4. Perbanyak backlink

Dalam SEO, backlink juga menjadi salah satu hal yang patut untuk diperhatikan keberadaannya. Backlink merupakan link dari luar yang mengarah ke website kita. Semakin banyak backlink yang kita miliki, tentu akan semakin baik di mata mesin pencari seperti Google.

Backlink ini bisa dianggap sebagai modal bahwa sebuah website dinyatakan kredibel atau dapat dipercaya. Maka dari itu, sebagai pemilik website Anda harus memastikan bahwa setiap konten yang diterbitkan dalam situs tersebut mengandung informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, ini akan mengundang lebih banyak orang untuk mengutip informasi dari website Anda dan membuat backlink dari hal tersebut.

5. Tampilan website

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tampilan sebuah website juga mempengaruhi score SEO yang akan didapat. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa tampilan atau tema website yang Anda gunakan cukup responsif untuk ditampilkan dalam smartphone atau layar dekstop komputer.

Selain itu, kecepatan loading website Anda juga memiliki pengaruh, lho. Semakin ringan loading yang dibutuhkan untuk mengakses seluruh tampilan sebuah website, maka peluang untuk tampil di halaman pertama pencarian akan semakin besar.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai definisi SEO dan perannya dalam pemasaran bisnis. Sekarang Anda bisa memaksimalkan optimasi SEO untuk menunjang tingkat penjualan produk dalam bisnis Anda agar semakin tinggi.

Perlu diketahui bahwa SEO bukanlah suatu hal yang bisa selesai dalam sekali percobaan. Diperlukan konsistensi tinggi dan kedisiplinan untuk membuat sebuah website tampil dalam halaman pertama pencarian. Selamat mencoba!