Seiring dengan berjalannya waktu , penggunaan teknologi pun semakin berkembang ke arah yang lebih maju. Jika dulu kita hanya dapat berkomunikasi menggunakan surat maupun telepon rumah biasa. Kini kita bisa berkomunikasi dengan mudah lewat sosial media.

Kemajuan zaman ini pun tak hanya berpengaruh pada kemudahan komunikasi saja. Ada begitu banyak kemudahan lain yang juga muncul seiring dengan berjalannya era digital yang serba modern. Salah satunya terjadi pada aspek bisnis.

Sosial media yang ada memudahkan para pelaku usaha dalam memaksimalkan penjualan bisnis mereka lewat dunia maya. Beragam strategi digital marketing pun bermunculan dan bisa dioptimalkan untuk menghasilkan profit yang lebih besar.

Bagi Anda yang saat ini memiliki sebuah usaha namun belum menjamah pasar online. Ada baiknya untuk segera melebarkan sayap di lini market daring ini.

Sekilas Tentang Digital Marketing

Apa itu digital marketing? Digital marketing merupakan upaya pemasaran produk yang dilakukan menggunakan media elektronik dengan memanfaatkan teknologi internet. Tentunya dilakukan dengan berbagai taktik marketing, menggunakan berbagai media digital (seperti website, social media, blog, dan media digital lainnya) yang memungkinkan para pelaku usaha untuk menjalin komunikasi dengan konsumennya.

Pada saat ini, digital marketing bukan hanya menjadi primadona, tetapi menjadi sebuah kewajiban bagi para pelaku bisnis bila memang ingin melihat usahanya segera berkembang. Pemasaran melalui digital marketing juga dinilai lebih efisien ketimbang Anda menghabiskan uang jutaan untuk melakukan promosi di billboard maupun cara promosi konvensional yang lain.

Selain itu, masyarakat yang sudah kadung gandrung dengan internet, menjadi pintu masuk tercepat dalam berbagai proses pemasaran. Entah itu branding, brand awareness, peluncuran produk terbaru, dan kegiatan marketing lainnya. Sebenarnya, ada banyak hal mengapa Anda harus memilih digital marketing?

Kenapa Harus Digital Marketing?

Selain karena masyarakat yang sudah sangat bergantung pada internet dan biaya pemasaran yang lebih terjangkau jika dibandingkan promosi konvensional. Berikut ini beberapa faktor lain yang akan menjawab pertanyaan Anda, kenapa harus memilih digital marketing sebagai metode pemasaran dalam bisnis Anda.

1. Mempermudah analisa pasar

Dengan memilih digital marketing kita bisa mengumpulkan berbagai data yang tidak kita peroleh bila memilih media konvensional seperti pemasangan iklan di billboard maupun media cetak. Kita tidak bisa mengukur tingkat akurasi dari dampak penayangan  iklan tersebut.

Namun dengan digital marketing, Anda bisa mengukur tingkat keefektifan aktivitas digital marketing yang Anda lakukan. Anda bisa melihat traffic website yang menampilkan jumlah data kunjungan per hari-nya, artikel yang paling banyak mendapatkan feedback dan di-share, dan dari mana saja website Anda diakses.

Apakah dari hasil pencarian Google? Apakah dari link yang ada di sosial media Anda, atau dari media digital lainnya? Dari semua data ini, Anda bisa menentukan harus membuat content marketing seperti apa? Menggunakan media digital yang mana saja? Dan dengan taktik marketing apa saja?

2. Semakin dekat dengan konsumen

Menggunakan media digital sebagai salah satu metode pemasaran juga berarti Anda sudah berupaya untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Dengan keberadaan sosial media yang bisa diakses oleh siapapun, konsumen bisa menghubungi Anda secara langsung dan lebih mudah ketika ia memiliki pertanyaan, keluhan ataupun saran untuk usaha yang Anda jalankan.

Hal ini sangat berbeda jika Anda menggunakan media promosi konvensional. Karena customer memiliki kesulitan untuk menjangkau Anda sehingga saat memiliki keluhan atau terdapat pertanyaan, mereka lebih memilih untuk menyimpannya sendiri.

Begitu pula saat Anda mengeluarkan produk baru. Anda akan bisa segera melihat apakah konsumen Anda menyukainya atau tidak dari feedback mereka pada berbagai media digital Anda.

3. Lebih hemat biaya pemasaran

Dengan menggunakan digital marketing di berbagai media digital, Anda tidak perlu cetak brosur hingga ribuan lembar, Anda juga tidak perlu menghabiskan uang jutaan untuk membuat iklan Anda tayang di TV.

Digital marketing yang didukung dengan pengetahuan taktik yang lebih mendalam, akan menekan anggaran marketing menjadi jauh lebih efisien.

4. Memperluas pangsa pasar

Beriklan menggunakan media konvensional hanya dapat menjangkau masyarakat lokal saja. Namun dengan menggunakan digital marketing, Anda bisa memperluas pasar ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri sekali pun.

Strategi Digital Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis Saat Ini

Melihat dari efektifnya digital marketing, tentu Anda ingin segera mencoba jenis pemasaran ini, bukan? Tapi sebelum Anda melakukan digital marketing, Anda perlu membekali diri Anda dengan senjata terlebih dahulu. Karena medan perang dalam dunia digital marketing jauh lebih luas dari pada pemasaran dengan pemasaran konvensional.

Konsumen ibarat seorang gadis yang diperebutkan ratusan pria. Iya, memang sebanyak itu pesaing Anda yang telah menggunakan media digital sebagai media pemasaran mereka. Jangan khawatir, selama Anda memiliki strategi digital marketing yang tepat dan efektif, Anda pasti berhasil dalam kompetisi ini. Apa saja strateginya?

1. Online Marketing

Yaitu strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai media digital, seperti website, email, dan sosial media. Tekniknya pun beragam, bisa dengan iklan berbayar, konten berkualitas tanpa harus beriklan, hingga komunikasi langsung via direct message dan chat. Kegiatan marketing pun lebih terasa dampaknya.

2. Call To Action Marketing

Sering juga disebut dengan CTA, merupakan strategi pemasaran menggunakan beberapa kalimat yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari konsumen yang membaca kalimat tersebut. Seperti ‘dapatkan informasi lengkap hanya di sini’, ‘tonton video ini’ dan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan klik atau scan QR code yang bisa langsung terhubung dengan sosial media Anda.

3. Email Marketing

Hingga saat ini, strategi ini masih digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti Air Asia, Citilink, dan perusahaan lainnya. Mereka akan mengirimkan berbagai informasi dan promosi melalui email marketing kepada semua konsumennya.

4. Augmented Reality Marketing

IKEA adalah salah satu perusahaan yang menggunakan strategi digital marketing ini. Melalui website mereka, Anda bisa mencoba berbagai produk secara virtual, apakah gorden yang Anda pilih cocok dengan warna dinding Anda? Apakah sofa yang Anda pilih cocok dengan jenis ruangan Anda, dan lain sebagainya. Sehingga ketika membeli produknya, Anda sudah yakin telah memilih produk yang tepat.

5. Content Marketing

Ini adalah strategi pemasaran melalui pembuatan konten yang relevan dan menarik bagi konsumen Anda. Tujuannya tentu saja untuk memperoleh perhatian konsumen, dan menggiring konsumen untuk membeli produk Anda.

Konten bisa dibuat dalam bentuk foto, video, artikel, audio, maupun gabungan kesemuanya. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka akan semakin mudah Anda menggiring konsumen Anda untuk membeli produk Anda.

6. Search Engine Marketing

Dikenal juga dengan istilah SEM, adalah strategi digital marketing yang dipakai untuk meningkatkan visibilitas website di halaman Google, baik melalui kegiatan promosi website atau dengan membeli traffic, yaitu dengan membayar sejumlah layanan iklan Google.

7. Social Media Marketing

Anda pasti sudah paham bagaimana menggunakan strategi ini, dan media sosial mana saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan penjualan produk Anda.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda coba, semoga berhasil!

Leave a Reply